Jumat, 12 Oktober 2012

tugas teori organisasi umum 02

1. Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan?
Jawab:
Pembagian kerja pada umumnya dilakukan untuk mengurangi beban pekerjaan seseorang di dalam organisasi. Dalam pembagian kerja biasanya di bentuk dalam suatu divisi dan kemudian membentuk anggota-anggota divisi yang lain dan membagi pekerjaannya masing masing agar lebih cepat dan efektif. Misalnya dalam suatu acara musik pasti akan dibagi-bagi pekerjaannya menurut pembagian ketua yang sudah ditentukan dan ketua akan dibantu oleh anggota-anggota nya demi menyelesaikan pekerjaan yang maksimal.

2. Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi?
Jawab:
Membuat kesepakatan yang dibuat diawal pembentukan organisasi dapat mempermudah berkoordinasinya antara anggota dan ketua. Kita dapat melihat dalam hal ketua kelas dengan anggota kelasnya saling terbuka sehingga ketua kelas dengan mudah menjalin komunikasi dengan anggota kelasnya dan mempermudah berkoordinasi dengan anggotanya.

3. Jika terdapat bentuk organisasi seperti dibawah ini:
a. Berapa arus hubungan komunikasi?
Si A yang menjadi ketua dan 1,2,3,4 manjadi anggota dari si A
b. Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi?

4. Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan?
Jawab:
Komunikasi sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya di perusahaan saja, dirumah maupun dimanapun kita berada pasti kita melakukan komunikasi. Setiap orang pasti melakukan komunikasi, misalnya dalam sebuah rapat ketua OSIS kita dapat melihat ketua OSIS berkomunikasi dengan anggotanya dan saling memberikan saran agar keputusan yang diambil dapat mendapat manfaat yang maksimal.

5. Organisasi menggunakan formalitas akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan-keuntungan tersebut dan berikan contoh?
Jawab:
Bila kita membahas tentang formalitas pasti akan yang terbayang oleh kita sebuah perlakuan yang tertata dengan rapi, contohnya bila kita berbicara dengan orang tetapi kita menggunakan bahasa yang tidak formal maka orang yang kita ajak berbicara juga akan mengganggap kita aneh dan tidak mengerti apa yang kita bicarakan, sedangkan bila kita menggunakan bahasa yang formal maka orang yang kita ajak berbicara juga akan mengganggap kita mempunyai wawasan yang luas dan dapat mempermudah orang lain percaya kepada kita sehingga orang mau bekerja sama dengan kita atau membantu kita bila mempunyai masalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;